KMHB PKN STAN

  1. Apa itu ogoh-ogoh?

Tahukah kalian? Ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Bhuta berarti waktu yang tidak terukur, sedangkan Khala berarti kekuatan. Para cendekiawan dan praktisi Hindu Dharma menyimpulkan bahwa proses perayaan ogoh-ogoh melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dahsyat. Di mana kekuatan itu adalah kekuatan alam raya dan kekuatan dalam diri manusia yang dapat digunakan untuk menghancurkan atau membuat dunia bertambah indah. Selain itu, Bhuta Kala sering digambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan seperti wujud raksasa. Jadi jangan heran kalau ogoh-ogoh memiliki wajah yang seram dengan ukuran yang besar.

Bagaimana ogoh-ogoh dibuat?

Ogoh-ogoh dibuat dengan bahan dasar bambu, kertas, kain dan benda-benda sederhana yang merupakan kreativitas dan spontanitas masyarakat yang murni sebagai cetusan rasa semarak untuk memeriahkan upacara ngerupuk. Namun, seiring berjalannya waktu, kini ogoh-ogoh mulai dimodifikasi oleh sejumlah perajin. Bahan bambu atau kayu yang dianggap terlalu berat dan rumit diganti dengan gabus.

Kenapa ogoh-ogoh yang diarak dibuat berbentuk seram?

Ogoh-ogoh dibuat dengan bentuk seram dan buruk rupa sebagai simbolis dari Bhuta Kala. Tujuannya sebagai perwujudan dari berbagai sifat keburukan manusia. Seperti sifat iri hati, culas, dan sombong.

Waktu Pawai Ogoh-ogoh Tidak Boleh Sembarangan

Waktu pelaksanaan pawai ogoh-ogoh tidak boleh dilakukan dengan sembarangan atau dalam artian terdapat waktu baik untuk melakukan pawai ogoh-ogoh ini. Waktu yang paling tepat untuk melakukan pawai ogoh-ogoh adalah sehari sebelum hari Raya Nyepi, yaitu pada saat petang hari atau sandikala, sekitar pukul 18.00 sampai 19.00.

Kenapa Ogoh-ogoh yang telah diarak harus dibakar?

Pemaknaan ogoh-ogoh yang dibakar sebagai perwujudan refleksi dari keburukan manusia. Diharapkan ketika ogoh ogoh dibakar maka kita juga harus membakar dan menghilangkan semua sifat buruk dalam diri kita. Sehingga ke depannya kita menjadi pribadi yang baik.

Introducing Sabha Gotra PKN STAN Devi Writter Devi Writter Saya Pande Putu Devi Widya Savitri Oka. Biasa disapa Devi. Dari prodi D3 Manajemen Aset 2019. Sabha Gotra merupakan salah satu kegiatan besar KMHB PKN STAN yang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Kegiatan Sabha Gotra bertujuan untuk memperkuat dan mempererat hubungan KMHB PKN STAN dengan Komunitas Mahasiswa Hindu lain
Read More

Tiga Peristiwa Penting Yang Diperingati Saat Tri Suci Waisak Suhendra Editor Suhendra Editor A small river named Duden flows by their place and supplies it with the necessary Phone:+1 (859) 254-6589 Email:info@example.com 1. Lahirnya Pangeran SiddhartaPangeran Siddharta adalah putra dari seorang raja Sudodhana dan ratu Mahamaya dari Kerajaan KapilavatthuBeliau lahir di Taman Lumbini pada purnama sidhi 623 SMPerisitiwa unik terjadi
Read More

Introducing Misalkan Judul Devi Writter Devi Writter A small river named Duden flows by their place and supplies it with the necessary Phone:+1 (859) 254-6589 Email:info@example.com sdasdasdasdBagaimana ogoh-ogoh dibuat?Ogoh-ogoh dibuat dengan bahan dasar bambu, kertas, kain dan benda-benda sederhana yang merupakan kreativitas dan spontanitas masyarakat yang murni sebagai cetusan rasa semarak untuk memeriahkan upacara ngerupuk. Namun, seiring berjalannya waktu, kini ogoh-ogoh
Read More

asdasdiasdoajsidjasd

No Comments on 5 FAKTA UNIK PAWAI OGOH-OGOH DI BALI

Leave A Comment

No Posts Found